Selamat Datang di KPPN Selong x

Apa itu KIPS dan bagaimana cara pengajuannya?

KIPS adalah Kartu Identitas Petugas Satker yakni kartu yang menunjukkan identitas petugas yang ditunjuk KPA Satker untuk menyampaikan SPM atau mengambil SP2D ke KPPN. KIPS dicetak oleh KPPN berdasarkan surat permintaan dari KPA Satker dengan jumlah maksimal 3 orang untuk setiap satker.

Yang dapat ditunjuk menjadi pemegang KIPS adalah Pejabat perbendaharaan atau pegawai negeri yang memahami prosedur pencairan dana.

Berkenaan dengan KIPS, KPPN menolak penyampaian SPM/pengambilan SP2D apabila:

  • Petugas satker tidak dapat menunjukkan KIPS
  • Data KIPS tidak cocok dengan data identitas di KPPN
  • KIPS digunakan oleh pihak/orang lain.

Syarat pembuatan KIPS adalah sebagai berikut:

  • Surat Penunjukan Petugas Pengantar SPM/ Pengambil SP2D Satker oleh KPA Satker
  • Fotokopi KTP/SIM/Identitas lainnya
  • Foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6

Bagaimana jika KIPS hilang/rusak?

Satker dapat mengajukan surat permohonan penggantian KIPS ke KPPN. Untuk KIPS yang hilang, satker menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Bagaimana jika terdapat pergantian petugas satker ?

KPA mengajukan penunjukan petugas satker baru disertai dengan fotokopi identitas dan foto. KIPS petugas satker lama dikembalikan ke KPPN untuk dinonaktifkan.

Apa itu PIN-PPSPM dan Bagaimana Prosedur Pengajuannya?

PIN PPSPM adalah tanda tangan elektronik Pejabat Penanda Tangan SPMĀ  (PPSPM) yang berisi sederet angka yang diverifikasi autentikasinya (keasliannya) oleh sistem pada KPPN. PIN PPSPM yang dapat diterima aplikasi SP2D KPPN merupakan bentuk pernyataan bahwa SPM adalah benar telah diterbitkan dan ditandatangani oleh PPSPM satker bersangkutan.

Yang bertanggung jawab terhadap penggunaan PIN PPSPM adalah PPSPM secara pribadi maupun jabatan atas penggunaan PIN PPSPM. Hal ini karena PIN PPSPM bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh PPSPM.

Prosedur Pendaftaran PIN PPSPM adalah sebagai berikut:

Untuk memperoleh PIN PPSPM, PPSPM mengisi form pendaftaran yang dilengkapi dengan Surat Pernyataan, Surat Keputusan pengangkatan menjadi PPSPM, fotokopi KTP, materai Rp 6.000 dan spesimen PPSPM.

Setelah didaftarkan, PPSPM memperoleh SMS berisi nomor register dan PIN awal. Nomor register berfungsi saat menggunakan aplikasi PIN PPSPM pertama kali. Selanjutnya, PPSPM dapat mendatangi KPPN untuk mengubah PIN PPSPM dengan membawa kode PIN Awal. Setelah PIN awal diubah, PIN PPSPM sudah dapat digunakan.

Apabila terdapat Pergantian PPSPM maka langkah yang perlu dilakukan adalah :

  • Lakukan penonaktifan PIN PPSPM lama dan pendaftaran PIN PPSPM baru dengan mengisi formulir yang disediakan KPPN. Prosedur selanjutnya sama dengan prosedur pendaftaran PIN PPSPM.
  • Apabila terjadi pergantian PPSPM atau perubahan data pribadi PPSPM (misal nomor handphone yang didaftarkan), satker segera melaporkan perubahan tersebut ke KPPN. Dalam hal perubahan/pergantian tidak dilaporkan maka KPPN tidak bertanggung jawab atas transaksi keuangan negara terkait dengan penggunaan data PPSPM yang belum dimutakhirkan.
  • Apabila data PPSPM tidak berubah pada awal tahun anggaran mendatang, maka PIN PPSPM Tidak perlu didaftarkan kembali, cukup dengan menyampaikan pemberitahuan kepada KPPN bahwa PPSPM masih sama. Pemberitahuan bisa bersamaan dengan penyampaian spesimen pengelola keuangan.

Apabila PPSPM lupa kode PIN PPSPM dan nomor register maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menghubungi CSO KPPN Selong untuk memperoleh register dan PIN Awal baru.

Prosedur Pengamanan Terhadap PIN PPSPM oleh PPSPM:

  • Jangan memberitahukan nomor PIN PPSPM kepada pihak lain
  • Gunakan nomor yang mudah diingat (tetapi hindari nomor yang mudah ditebak pihak lain seperti tanggal lahir atau angka 123456 atau 987654)
  • Jika perlu, ubah PIN PPSPM yang digunakan
  • Simpan kode registrasi (nomor lisensi) dan nomor PIN pada tempat yang aman
  • Gunakan komputer/laptop berisi aplikasi PIN PPSPM yang dapat diakses hanya oleh PPSPM (bukan komputer/laptop yang digunakan banyak orang)
  • Ketika pindah laptop/komputer, unregister PIN PPSPM di aplikasi PIN PPSPM pada komputer/laptop yang sudah tidak digunakan.
© Copyright - CS KPPN Selong